Real men don't love the most beautiful girl in the world. They love the girl, who can make their world most beautiful.

Monday, 12 June 2017

Strategi Usaha


TUGAS MANAJEMEN STRATEGI
Analisa SWOT usaha baju (fashion)
 
 
 
 
 
 
 
 
NAMA            : SALIM AL’AFIF
KELAS           : 4 Akb IV
NIM                : 150301227
KATA PENGANTAR
 
Dengan mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan yang berjudul analisa SWOT pengusaha baju (fashion).
Laporan ini disusun untuk memenuhi nilai mata kuliah manajemen strategi semester 4 univeritas muhammadiyah riau.
Laporan ini dapat terselesaikan berkat bimbingan dari pak Hendri ali ardi S.E M.M.
Penulis sadar bahwa laporan ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu setiap kritik dan saran sangat diharapkan dalam penyusunan laporan ini. Semoga laporan ini sangat bermanfaat bagi penulis dan pembaca pada umumnya. Amiin.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pekanbaru, 1 Juni 2017
Penulis
 
 
 
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL .............................................................................................   i
KATA PENGANTAR ...........................................................................................   ii
DAFTAR ISI..........................................................................................................   iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1              Latar belakang.................................................................................   1
1.2              Rumusan masalah............................................................................   1
1.3              Tujuan..............................................................................................   1
BAB II PEMBAHASAN
          2.1   Analisa internal......................................................................................   2
                    2.1.1     Strenght..................................................................................   2
                    2.1.2     Weaknes.................................................................................   2
          2.2   Analisa ekternal.....................................................................................   2
                   2.2.1   Oputunities................................................................................   2
                   2.2.2   Threath.......................................................................................   3
          2.3   Visi dan misi..........................................................................................   4
          2.4   Tujuan....................................................................................................   5
          2.5   Strategi..................................................................................................   5
          2.6   Kebijakan...............................................................................................   5
          2.7   Program.................................................................................................   5
          2.8   Anggaran...............................................................................................   6
          2.9   Prosedur.................................................................................................   6
BAB III PENUTUP................................................................................................   8
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................   9


BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang masalah
Analisa diri adalah suatu proses yang dilakukan secara sadar untuk meneliti diri kita sendiri. Menganalisa diri penting dilakukan untuk mengetahui siapa sebenarnya diri kita? Dan apa seharusnya yang diri kita perbuat? Sudah sesuaikah apa yang diri kita perbuat? Dan dan lain sebagainya. Selain “diri” secara umum, penting untuk dikaji potensi dan kelemahan yang ada si dalam diri kita sehingga nantinya kita bisa memperbaikinya dimasa mendatang.
Analisis lingkungan eksternal mencakup pemahaman berbagai faktor di luar perusahaan yang mengarah pada munculnya kesempatan bisnis / bahkan ancaman bagi perusahaan. Di dalam analisis lingkungan eksternal berupaya memilah permasalahan global yang dihadapi perusahaan dalam bentuk, fungsi dan keterkaitan antar bagian. Bagi pengembangan strategic, analisis ini di butuhkan tidak hanya terbatas pada rincian analisis kesempatan dan ancaman saja tetapi juga untuk menentukan dari mana dan untuk apa hasil analisis itu di pergunakan . Oleh karena itu manajer puncak membutuhkan diagnosis lebih lanjut atas hasil analisis lingkungan eksternal.
Pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya.
Fashion adalah gaya berpakaian yang digunakan setiap hari oleh seseorang, baik itu dalam kehidupan sehari-harinya ataupun pada saat acara tertentu dengan tujuan untuk menunjang penampilan.
B.     Rumusan masalah
Dari latar belakang diatas penulis merumuskan sebagai berikut :
1.      Apa itu analisa diri sendiri ?
2.      Apa itu analisa lingkungan eksternal perusahaan ?
C.     Tujuan
1.      Menganalisa  potensi diri penulis.
2.      Menganalisa lingkungan eksternal perusahaan.


 
BAB II
PEMBAHASAN
Analisa internal
a.       Strenght
·         Keberanian (Man)
Dengan memiliki keberanian saya yakin dengan usaha yang akan dijalankan.
·         Modal (Money)
Dengan memiliki uang/modal akan memudahkan saya untuk mengembangkan usaha.
·         Konsep bisnis (Methode)
Dengan memilki ide dan konsep usaha yang saya miliki memudahkan saya dalam memnelola usaha.
b.      Weaknes
·         Bahan (Matherial)
Saya belum memilki bahan dan alat untuk proses produksi usaha.
Analisa eksternal
c.       Oppurtunities
o  Lingkungan perusahaan
·         Ekonomi
Kebutuhan masyarakat akan pakaian ketika lebaran dan keinginan masyarakat sekarang untuk mengikuti fashion.
§  Dengan adanya kebutuhan masyarakat tersebut membuat usaha saya ramai pembeli.
·         Teknologi
Perkembangan tekhnologi dizaman sekarang yang berbasis IT.
§  Dengan perkembangan teknologi memudahkan saya dalam menjalankan usaha (Paket online untuk luar kota).
·         Sosio-kultural
Bangsa indonesia memiliki keberagaman budaya yang berkembang baik lokal maupun budaya luar.
§  Dengan keberagaman budaya memudahkan saya dalam mengembangkan usaha sesuai dengan budaya yang ada.
·         Demografi
Pertumbuhan penduduk yang meningkat dari waktu ke waktu diIndonesia.
§  Dengan pertumbuhan penduduk tentunya kebutuhan akan pakaian akan mengalami kenaikan.
o   Lingkungan pesaing
·         Kebijakan pemerintah
Penetapan harga yang diatur oleh pemerintah.
§  Dengan adanya ketentuan harga mengindari terjadinya penyimpangan harga oleh pengusaha lain.
·         Produk substitusi
Poduk pengganti baju yaitu kaos.
§  Dengan adanya kaos bisa dijadikan produk sampingan untuk saya.
·         Merebut posisi
Para pesaing memiliki banyak strategi dan gagasan dalam persaingan pasar.
§  Dengan persaingan pasar membuat saya terpacu dalam mebgembangkan ide untuk ikut dalam persaingan tersebut.
d.      Threats
o    Lingkungan perusahaan
·         Global-alam
Banyaknya barang impor yang akan masuk indonesia
§  Dengan banyaknya barang impor membuat persaingan semakin ketat.
·         Politik-hukum
Sering terjadinya manipulasi politik oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
§  Sering terjadinya manipulasi politik menyulitkan saya dalam mengembangkan usaha karena harus memilki backingan dalam setiap urusan.
o   Lingkungan pesaing
·         Skala pesaing
Marak terjadinya monopoli pasar oleh perusahaan terkenal.
§  Sering terjadinya monopoli pasar menyulitkan saya dalam merintis usaha baru.
·         Diferensiasi produk
Identifikasi merk yang terjadi menghambat saya dalam mengenalkan produk.
·         Pemasok yang berkuasa
Sering terjadinya permainan harga dan kualitas produksi yang dilakukan pemasok mengurangi laba yang saya peroleh.
·         Pembeli yang berkuasa
Meningkatnya kemampuan pembeli dalam menawar menyulitkan saya dalam menentukan harga.
Visi
Menjadi pengusaha fashion yang memiliki kredibilitas dari masa ke masa.
Misi
·       Menciptakan karya-karya yang kreatif dan inovatif.
·       Mengikuti ajang perlombaan ataupun pameran.
·       Berkomitmen untuk bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab.
·       Senantiasa menjadikan pelanggan sebagai mitra utama yang saling menguntungkan untuk tumbuh secara berkesinambungan.
Tujuan
Pengusaha fashion yang mampu bersaing dipasaran nasional.
Strategi
   Strenght-Oppurtunities
·      Menggunakan model serta konsep dan ide yang baru.
·      Melakukan penjualan produk secara online.
Weakneas-Oppurtunities
·      Memasarkan produk diwaktu yang tepat dan tempat yang tepat.
·      Melakukan pemasaran produk dengan cara pre order.
Strenght-Threats
·      Menjadi sponsor untuk acara-acara.
·      Mengeluarkan design terbaru serta melakukan display yang menarik.
Weakneas-Threats
·      Bekerjasama dengan supplier dan designer terkenal.
·      Melakukan dan meningkatkan CSR dengan pelanggan.
Kebijakan
·         Menciptakan model serta konsep yang bermotif klasik.
·         Mengeluarkan modal untuk menggunakan tekhnologi dalam pemasaran (ongkos kirim).
·         Melakukan pemasaran dengan pre order diwaktu dan tempat yang tepat secara limited edition.
·         Menjadi sponsor hanya untuk acara-acara yang berstandar lokal.
·         Melakukan pendisplayan produk secara sopan dan meriah serta berkarakter.           
·         Hanya membangun kemitraan dengan designer lokal.
·         Melakukan CSR dengan pelanggan yang bersifat kegiatan amal.
Program
·         Mengadakan acara khusus yang bertema klasik dengan tujuan memilih design baru.


 

·         Setiap pembelian produk secara online akan mendapatkan jasa ongkos kirim secara gratis.

·         Pre order dengan mengeluarkan produk khusus dengan stok yang dibatasi.

·         Memberikan dana bantuan untuk acara lokal dan mendirikan stand untuk berjualan.

·         Menagadakan perlombaan bagi karyawan untuk make over toko (area kerja masing-masing).

·         Mengundang designer untuk launching produk terbaru.

·         Memberikan produk secara gratis untuk kegiatan amal.

Anggaran

·         Menggunakan biaya pendaftaran dari peserta acara yang diadakan.

·         Bekerjasama dengan jasa pengiriman barang dengan pembayaran kontrak setiap tahun. Pembayaran berdasarkan jumlah barang yang dikirim serta mendapatkan potongan pembayaran setiap bulan.

·         Menyediakan 2,5 % dari penjualan setiap bulan yang akan digunakan untuk sponsor acara lokal.

·         Mengambil 10% dari laba penjualan yang diperoleh setiap tahun untuk lomba make over toko.

·         Memberikan 10% dari keuntungan yang didapat dari acara launching produk baru kepada designer yang diundang ke acara.

·         Produk hadiah dari supplier akan digunakan untuk kegiatan amal.

Prosedur

·         Acara bertema klasik untuk umum tanpa batasan usia, peserta membayar uang pendaftaran dan wajib mengikuti standar design yang ditetapkan. Setiap design yang terpilih akan digunakan untuk design produk terbaru dan pemenang akan mendapatkan uang serta sovenir menarik.

·         Memberikan ongkos kirim secara gratis untuk wilayah pulau sumatra, dan untuk wilayah lainnya akan dikenakan biaya ongkos kirim sesuai dengan daerah pemasanan masing-masing.

·         Produk khusus hanya berlaku setiap awal tahun dan syarat dan ketentuan yang berlaku.

·         Mensponsori acara lokal yang ada dengan ketentuan jumlah peserta acara lebih dari 500 orang dengan syarat tersedia stand untuk berjualan dan acara tersebut hanya diselenggarakan dua hari.

·         Setiap karyawan wajib ikut serta dalam acara make over area kerjanya. Properti dan bahan telah disediakan wajib mengikuti standar pendisplayan sesuai karakter yang ditentukan. Acara dilakukan menjelang akhir tahun, karyawan yang menang akan mendapat hadiah menarik dan uang tips.

·         Design baru yang berhasil dirancang akan diperkenalkan pada acara launching produk. Desainer yang diundang akan mengisi acara dan mempromosikan produk baru. Acara hanya diadakan dikota-kota besar.

·         Kegiatan amal diadakan setahun sekali sebelum lebaran dan dikhususkan untuk masyarakat ekonomi kebawah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

Kesimpulan

            Dalam membuat usaha diperlukan analisa SWOT supaya usaha yang didirikan bisa bersaing dengan pasaran, serta mampu berkembang dan maju.

            Analisa bisa dilakukan dengan cara menganalisa diri sendiri, dan melakukan analisa lingkungan eksternal perusahaan dan lingkungan pesaing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

A.Pearce II, John. Dan B. Robinson,Jr, Ricard. 2016. Manajemen Strategi: Jakarta: Salemba Empat.

 

 

 

 

 

 

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment