TUGAS MANAJEMEN
STRATEGI
Analisa SWOT
usaha baju (fashion)
NAMA : SALIM AL’AFIF
KELAS : 4 Akb IV
NIM : 150301227
KATA
PENGANTAR
Dengan
mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan yang berjudul analisa
SWOT pengusaha baju (fashion).
Laporan
ini disusun untuk memenuhi nilai mata kuliah manajemen strategi semester 4
univeritas muhammadiyah riau.
Laporan ini dapat
terselesaikan berkat bimbingan dari pak Hendri ali ardi S.E M.M.
Penulis
sadar bahwa laporan ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu setiap kritik
dan saran sangat diharapkan dalam penyusunan laporan ini. Semoga laporan ini
sangat bermanfaat bagi penulis dan pembaca pada umumnya. Amiin.
Pekanbaru,
1 Juni 2017
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN
JUDUL ............................................................................................. i
KATA
PENGANTAR ........................................................................................... ii
DAFTAR
ISI.......................................................................................................... iii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang................................................................................. 1
1.2
Rumusan masalah............................................................................ 1
1.3
Tujuan.............................................................................................. 1
BAB
II PEMBAHASAN
2.1
Analisa internal...................................................................................... 2
2.1.1 Strenght.................................................................................. 2
2.1.2 Weaknes................................................................................. 2
2.2
Analisa ekternal..................................................................................... 2
2.2.1 Oputunities................................................................................ 2
2.2.2 Threath....................................................................................... 3
2.3
Visi dan misi.......................................................................................... 4
2.4
Tujuan.................................................................................................... 5
2.5
Strategi.................................................................................................. 5
2.6
Kebijakan............................................................................................... 5
2.7
Program................................................................................................. 5
2.8
Anggaran............................................................................................... 6
2.9
Prosedur................................................................................................. 6
BAB
III PENUTUP................................................................................................ 8
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................................. 9
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang masalah
Analisa diri adalah
suatu proses yang dilakukan secara sadar untuk meneliti diri kita sendiri.
Menganalisa diri penting dilakukan untuk mengetahui siapa sebenarnya diri kita?
Dan apa seharusnya yang diri kita perbuat? Sudah sesuaikah apa yang diri kita
perbuat? Dan dan lain sebagainya. Selain “diri” secara umum, penting untuk
dikaji potensi dan kelemahan yang ada si dalam diri kita sehingga nantinya kita
bisa memperbaikinya dimasa mendatang.
Analisis lingkungan eksternal mencakup pemahaman berbagai
faktor di luar perusahaan yang mengarah pada munculnya kesempatan bisnis /
bahkan ancaman bagi perusahaan. Di dalam analisis lingkungan eksternal berupaya
memilah permasalahan global yang dihadapi perusahaan dalam bentuk, fungsi dan
keterkaitan antar bagian. Bagi pengembangan strategic, analisis ini di butuhkan
tidak hanya terbatas pada rincian analisis kesempatan dan ancaman saja tetapi
juga untuk menentukan dari mana dan untuk apa hasil analisis itu di pergunakan
. Oleh karena itu manajer puncak membutuhkan diagnosis lebih lanjut atas hasil
analisis lingkungan eksternal.
Pakaian adalah bahan
tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Pakaian adalah
kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal
(rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya.
Fashion adalah gaya berpakaian yang digunakan setiap
hari oleh seseorang, baik itu dalam kehidupan sehari-harinya ataupun pada saat
acara tertentu dengan tujuan untuk menunjang penampilan.
B.
Rumusan masalah
Dari
latar belakang diatas penulis merumuskan sebagai berikut :
1. Apa
itu analisa diri sendiri ?
2. Apa
itu analisa lingkungan eksternal perusahaan ?
C.
Tujuan
1. Menganalisa potensi diri penulis.
2. Menganalisa
lingkungan eksternal perusahaan.
BAB II
PEMBAHASAN
Analisa internal
a. Strenght
·
Keberanian (Man)
Dengan memiliki keberanian saya yakin
dengan usaha yang akan dijalankan.
·
Modal (Money)
Dengan memiliki uang/modal akan memudahkan
saya untuk mengembangkan usaha.
·
Konsep bisnis (Methode)
Dengan
memilki ide dan konsep usaha yang saya miliki memudahkan saya dalam memnelola
usaha.
b. Weaknes
·
Bahan (Matherial)
Saya belum memilki
bahan dan alat untuk proses produksi usaha.
Analisa eksternal
c. Oppurtunities
o
Lingkungan perusahaan
·
Ekonomi
Kebutuhan masyarakat akan pakaian ketika
lebaran dan keinginan masyarakat sekarang untuk mengikuti fashion.
§ Dengan
adanya kebutuhan masyarakat tersebut membuat usaha saya ramai pembeli.
·
Teknologi
Perkembangan tekhnologi dizaman sekarang
yang berbasis IT.
§ Dengan
perkembangan teknologi memudahkan saya dalam menjalankan usaha (Paket online
untuk luar kota).
·
Sosio-kultural
Bangsa indonesia memiliki keberagaman
budaya yang berkembang baik lokal maupun budaya luar.
§ Dengan
keberagaman budaya memudahkan saya dalam mengembangkan usaha sesuai dengan
budaya yang ada.
·
Demografi
Pertumbuhan penduduk yang meningkat dari
waktu ke waktu diIndonesia.
§ Dengan
pertumbuhan penduduk tentunya kebutuhan akan pakaian akan mengalami kenaikan.
o
Lingkungan pesaing
·
Kebijakan pemerintah
Penetapan harga yang diatur oleh
pemerintah.
§ Dengan
adanya ketentuan harga mengindari terjadinya penyimpangan harga oleh pengusaha
lain.
·
Produk substitusi
Poduk
pengganti baju yaitu kaos.
§ Dengan
adanya kaos bisa dijadikan produk sampingan untuk saya.
·
Merebut posisi
Para pesaing memiliki banyak strategi
dan gagasan dalam persaingan pasar.
§ Dengan
persaingan pasar membuat saya terpacu dalam mebgembangkan ide untuk ikut dalam
persaingan tersebut.
d. Threats
o
Lingkungan perusahaan
·
Global-alam
Banyaknya barang impor yang akan masuk
indonesia
§ Dengan
banyaknya barang impor membuat persaingan semakin ketat.
·
Politik-hukum
Sering terjadinya
manipulasi politik oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
§ Sering
terjadinya manipulasi politik menyulitkan saya dalam mengembangkan usaha karena
harus memilki backingan dalam setiap urusan.
o
Lingkungan pesaing
·
Skala pesaing
Marak terjadinya
monopoli pasar oleh perusahaan terkenal.
§ Sering
terjadinya monopoli pasar menyulitkan saya dalam merintis usaha baru.
·
Diferensiasi produk
Identifikasi merk yang terjadi
menghambat saya dalam mengenalkan produk.
·
Pemasok yang berkuasa
Sering terjadinya permainan harga dan
kualitas produksi yang dilakukan pemasok mengurangi laba yang saya peroleh.
·
Pembeli yang berkuasa
Meningkatnya kemampuan pembeli dalam
menawar menyulitkan saya dalam menentukan harga.
Visi
Menjadi pengusaha fashion yang memiliki kredibilitas
dari masa ke masa.
Misi
· Menciptakan karya-karya yang
kreatif dan inovatif.
· Mengikuti ajang perlombaan
ataupun pameran.
· Berkomitmen untuk bekerja tuntas dan akurat atas dasar
kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab.
· Senantiasa menjadikan pelanggan sebagai mitra utama
yang saling menguntungkan untuk tumbuh secara berkesinambungan.
Tujuan
Pengusaha
fashion yang mampu bersaing dipasaran nasional.
Strategi
Strenght-Oppurtunities
· Menggunakan
model serta konsep dan ide yang baru.
· Melakukan
penjualan produk secara online.
Weakneas-Oppurtunities
· Memasarkan
produk diwaktu yang tepat dan tempat yang tepat.
· Melakukan
pemasaran produk dengan cara pre order.
Strenght-Threats
· Menjadi
sponsor untuk acara-acara.
· Mengeluarkan
design terbaru serta melakukan display yang menarik.
Weakneas-Threats
· Bekerjasama
dengan supplier dan designer terkenal.
· Melakukan
dan meningkatkan CSR dengan pelanggan.
Kebijakan
·
Menciptakan model serta konsep yang bermotif
klasik.
·
Mengeluarkan modal untuk menggunakan tekhnologi
dalam pemasaran (ongkos kirim).
·
Melakukan pemasaran dengan pre order diwaktu
dan tempat yang tepat secara limited edition.
·
Menjadi sponsor hanya untuk acara-acara yang
berstandar lokal.
·
Melakukan pendisplayan produk secara
sopan dan meriah serta berkarakter.
·
Hanya membangun kemitraan dengan
designer lokal.
·
Melakukan CSR dengan pelanggan yang
bersifat kegiatan amal.
Program
·
Mengadakan acara khusus yang bertema
klasik dengan tujuan memilih design baru.
·
Setiap pembelian produk secara online
akan mendapatkan jasa ongkos kirim secara gratis.
·
Pre order dengan mengeluarkan produk
khusus dengan stok yang dibatasi.
·
Memberikan dana bantuan untuk acara
lokal dan mendirikan stand untuk berjualan.
·
Menagadakan perlombaan bagi karyawan
untuk make over toko (area kerja masing-masing).
·
Mengundang designer untuk launching
produk terbaru.
·
Memberikan produk secara gratis untuk
kegiatan amal.
Anggaran
·
Menggunakan biaya pendaftaran dari
peserta acara yang diadakan.
·
Bekerjasama dengan jasa pengiriman
barang dengan pembayaran kontrak setiap tahun. Pembayaran berdasarkan jumlah
barang yang dikirim serta mendapatkan potongan pembayaran setiap bulan.
·
Menyediakan 2,5 % dari penjualan setiap
bulan yang akan digunakan untuk sponsor acara lokal.
·
Mengambil 10% dari laba penjualan yang
diperoleh setiap tahun untuk lomba make over toko.
·
Memberikan 10% dari keuntungan yang
didapat dari acara launching produk baru kepada designer yang diundang ke acara.
·
Produk hadiah dari supplier akan
digunakan untuk kegiatan amal.
Prosedur
·
Acara bertema klasik untuk umum tanpa
batasan usia, peserta membayar uang pendaftaran dan wajib mengikuti standar
design yang ditetapkan. Setiap design yang terpilih akan digunakan untuk design
produk terbaru dan pemenang akan mendapatkan uang serta sovenir menarik.
·
Memberikan ongkos kirim secara gratis
untuk wilayah pulau sumatra, dan untuk wilayah lainnya akan dikenakan biaya
ongkos kirim sesuai dengan daerah pemasanan masing-masing.
·
Produk khusus hanya berlaku setiap awal
tahun dan syarat dan ketentuan yang berlaku.
·
Mensponsori acara lokal yang ada dengan
ketentuan jumlah peserta acara lebih dari 500 orang dengan syarat tersedia
stand untuk berjualan dan acara tersebut hanya diselenggarakan dua hari.
·
Setiap karyawan wajib ikut serta dalam
acara make over area kerjanya. Properti dan bahan telah disediakan wajib
mengikuti standar pendisplayan sesuai karakter yang ditentukan. Acara dilakukan
menjelang akhir tahun, karyawan yang menang akan mendapat hadiah menarik dan
uang tips.
·
Design baru yang berhasil dirancang akan
diperkenalkan pada acara launching produk. Desainer yang diundang akan mengisi
acara dan mempromosikan produk baru. Acara hanya diadakan dikota-kota besar.
·
Kegiatan amal diadakan setahun sekali sebelum
lebaran dan dikhususkan untuk masyarakat ekonomi kebawah.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dalam
membuat usaha diperlukan analisa SWOT supaya usaha yang didirikan bisa bersaing
dengan pasaran, serta mampu berkembang dan maju.
Analisa
bisa dilakukan dengan cara menganalisa diri sendiri, dan melakukan analisa lingkungan
eksternal perusahaan dan lingkungan pesaing.
DAFTAR PUSTAKA
A.Pearce II, John. Dan
B. Robinson,Jr, Ricard. 2016. Manajemen Strategi: Jakarta: Salemba Empat.
0 comments:
Post a Comment